ifa

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
JKL

Sabtu, 03 November 2012

APA SIH KEWIRAUSAHAAN ITU,,???

 
Pengertian Kewirausahaan
Nah guys sebelum kita mengenal sosok” wirausahawan dalam sekeliling kita,, ngga afdol dong kalo kita masih tabu sama kata” wirausahawan itu sendiri apa,, dibawah ada sedikit ulasan tentang wirausaha,,
Kewirausahaan berasal dari kata “wira” yang artinya pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Sedangkan “usaha” artinya perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.
Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa :
a.    Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.
b.    Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Jadi, wirausaha itu mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seseorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan.
Kewirausahaan yang sering dikenal dengan sebutan “entrepreneurship” berasal dari Bahasa Perancis yang diterjemahkan secara harfiah adalah perantara, diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiri yang mampu memadukan unsure cipta, rasa dan karsa serta karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas, tantangan, kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal.


separador

0 komentar:

Posting Komentar

translite

visitors

Categories

Followers